Amankah Untuk Bunda Mengonsumsi Buah Pepaya saat Hamil?

Pada masa kehamilan, Bunda pasti banyak mendapatkan informasi seputar pantangan-pantangan makanan yang tidak boleh dilanggar karena berpotensi menyebabkan masalah pada kesehatan kehamilan dan janin, atau bahkan juga bisa memicu keguguran.

Salah satu pantangan yang mungkin pernah Anda dengar adalah larangan memakan buah pepaya saat hamil. Pertanyaanya, apakah pantangan tersebut benar adanya? Benarkah saat hamil dilarang memakan buah pepaya karena dapat berisiko menyebabkan keguguran?

Amankah Ibu Hamil Mengonsumsi Pepaya?

Faktanya, buah pepaya mengandung beragam nutrisi dan manfaat jika dikonsumsi. Pepaya matang merupakan sumber kolin, betakaroten, folat, serat, kalium serta berbagai macam vitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Namun,  beragam kandungan ini tidak terdapat pada pepaya yang belum matang. Kandungan terbanyak pada pepaya mentah adalah getah (lateks) dan enzim papain yang dapat memecah protein menjadi peptida serta asam amino

Nah bunda, karena pepaya yang masih muda mengandung sebagian besar getah atau zat lateks, maka zat inilah yang berbahaya bagi kandungan Anda, karena dalam zat lateks diketahui dapat menyebabkan kontraksi uterus (rahim). Lateks pada buah pepaya secara spesifik sering juga disebut sebagai papain. Papain bertindak dalam tubuh mirip seperti prostaglandin dan oksitosin yang memicu kontraksi.

Kontraksi uterus yang tidak normal atau tidak wajar pada kehamilan salah satu efeknya adalah dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Papain yang terdapat dalam jumlah banyak dan berlebihan juga dapat melemahkan selaput vital janin sehingga lebih sulit untuk bertahan hidup.

Bahkan dalam sebuah penelitian, ditunjukkan bahwa enzim papain dalam jumlah besar disinyalir dapat menyebabkan keracunan pada janin dan kecacatan bayi saat lahir. Meski demikian, penelitian tersebut baru dilakukan terhadap hewan dan masih perlu dilakukan kajian lebih lanjut.

Jadi Bunda, larangan memakan buah pepaya ini hanya berlaku jika pepaya yang hendak Bunda konsumsi masih berupa pepaya mentah dan mengandung banyak getah ya, Bunda. Pepaya yang sudah dipastikan matang dan tidak lagi mengandung getah masih aman untuk dikonsumsi bahkan memiliki beragam kandungan nutrisi bagi kandungan Bunda.

Akan tetapi, apabila Bunda memiliki riwayat keguguran dan masalah kehamilan lainnya, lebih baik hindari buah yang satu ini, ya! Bunda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya secara berlebihan saat hamil, Bunda!