Bolehkah Berqurban Dengan Kambing Betina?

Bolehkah berqurban dengan kambing betina? hal ini mungkin masih awam bagi sebagian orang jenis kelamin hewan yang boleh dijadikan hewan qurban.

Untuk kelamin hewan qurban berikut penggalan hadist yang membahas kelamin hewan qurban yang mana jantan atau betina diperbolehkan disembelih.

Sebagaimana yang riwayat Umu Kurzin Radhiyallahu anha, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ لَا يَضُرُّكُمْ ذُكْرَانًا كُنَّ أَمْ إِنَاثًا

“Akikah untuk anak laki-laki dua kambing dan anak perempuan satu kambing. Tidak jadi masalah jantan maupun betina.” (HR Ahmad 27900 dan An Nasa’i 4218, dishahihkan Syekh Al Albani)

Berdasarkan penjelasan hadis diatas, Al Fairuz Abadzi As Syafi’i mengatakan, “Jika dibolehkan menggunakan hewan betina ketika akikah berdasarkan hadis ini, menunjukkan bahwa hal ini juga boleh untuk berkurban.” (Al Muhadzab 1/74)

Selanjtnya menurut An-Nawawi, jika aqiqah saja boleh menggunakan kambing jantan maupun betina, maka hal yang sama juga berlaku dalam konteks qurban. Adapun anggapan bahwa daging kambing jantan lebih baik untuk dijadikan qurban ini datang dari Imam Arramli dalam kitab Nihayatul Muhtaj yang artinya:

“Boleh berqurban dengan hewan ternak jantan, betina dan hewan yang tidak jelas kelaminnya. Namun demikian, hewan ternak jantan meski warna bulunya kurang bagus, menurut pendapat yang zahir, lebih utama.”

Namun, pada umumnya hewan jantan lebih baik dan harganya lebih mahal dari hewan yang memiliki jenis kelamin betina. Oleh karenanya, tidah harus hewan jantan, namun alangkah baiknya diutamakan hewan jantan.

sumber: https://www.okezone.com/tren/read/2020/07/12/620/2245087/bolehkah-kambing-betina-dijadikan-hewan-kurban

https://blog.kitabisa.com/apa-hukum-qurban-dengan-kambing-betina/

Yuk, Konsultasikan ibadah qurban anda sekarang deng klik link dibawah ini!

This image has an empty alt attribute; its file name is CTA-QURBAN-edited.png

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top