Hikmah di Balik Ibadah Aqiqah

Nurul_aqiqah.com-Segala ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT, tentu memiliki manfaat dan hikmah yang besar bagi umat manusia. Bahkan, dalam penciptaan langit dan bumi, bahkan makhluk yang paling kecil pun, terdapat hikmah yang besar di dalamnya.

Seperti halnya  dengan aqiqah yang mengandung banyak hikmah. Menurut Syekh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, aqiqah memiliki beberapa hikmah.

Aqiqah merupakan salah satu ibadah sunnah muakkad yang menjadi bentuk kasih sayang dan pengorbanan orang tua terhadap anaknya yang baru lahir. Namun, pelaksanaan aqiqah sepertinya masih kurang mendapatkan perhatian sehingga belum semua orang tua yang mengaqiqahkan anaknya. Hal ini, bisa jadi karena kurangnya perhatian dan pemahaman calon orang tua tentang ajaran aqiqah.

Tujuan dan Hikmah Aqiqah

Adapun tujuan dan hikmah aqiqah adalah sebagai berikut:

1. Menghidupkan sunah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabi Ibrahim AS, tatkala Allah SWT menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail AS.

2. Dalam aqiqah mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadis, yang artinya, “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya.”

3. Aqiqah merupakan tebusan bagi anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari akhir, sebagaimana Imam Ahmad mengatakan, “Dia tergadai dari memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan aqiqahnya).”

4. Merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah SWT dengan lahirnya sang anak.

5. Aqiqah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syariat Islam dan bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.

6. Aqiqah dapat memperkuat ukhuwah (persaudaraan) di antara masyarakat.

7. Merupakan sarana untuk merealisasikan prinsip-prinsip keadilan sosial dan menghapuskan gejala kemiskinan di dalam masyarakat. Misalnya, dengan adanya daging yang dikirim kepada fakir miskin.

Oleh sebab itu jika kita melaksanakan aqiqah maka akan banyak sekali hikmah yang akan kita dapat. Bahkan saat ini dalam melaksanakan aqiqah sangatlah mudah karena kita bisa menggunakan jasa aqiqah seperti Nurul Aqiqah sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi untuk memasak sendiri.

Nurul Aqiqah merupakan Layanan aqiqah terbesar di Sumatera selatan. Selain itu Nurul Aqiqah sudah sangat berbengalaman dan juga Tersertifikasi Halal MUI dan Laik Hygiene Dinkes.

Semoga beberapa tujuan dan hikmah dari aqiqah di atas bisa bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top