Membangun Rasa Percana Diri Anak 3

Membangun Kepercayaan Ilmiah

anak-lakiYaitu dengan belajar Al-Qur’an, sunnah Rasulullah saw dan sejarah hidup beliau. Si anak akan tumbuh dewasa dengan bekal pengetahuan yang cukup mendalam. Sehingga tumbuhlah rasa percaya diri dalam bentuk keilmuan dan pengetahuan. Sebab dia membawa ilmu yang pasti dan jauh dari berbagai khufarat serta khayalan.

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang menjadi teman ilmu pengetahuan dan musuh kebodohan. kontradiksi antara Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan takkan pernah terjadi sampai kapanpun, kecuali jika terdapat penafsiran yang salah terhadap ayat-ayat Al-Qur’an, atau ilmu tersebut telah melenceng dari kebenaran.

Allah berfirman, “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan kami disegala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Tidakkah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?” (Q.S Al-Fushilat:53).

Dengan mempelajari Al-Qur’an anak akan mempelajari bahwa sebenarnya Al-Qur’an tidak diturunkan sebagai kitab ilmu kedokteran, ilmu astronomi, atau ilmu-ilmu yang lainnya. Namun, para ilmuan di berbagai bidang berhasil menyingkap mukjizat ilmiah dari Al-Qur’an. Kemukjizatan Al-Qur’an tampak jelas dalam keindahan aspek sastra dan bahasanya, pemberitaannya tentang umat terdahulu maupun peristiwa masa depan, serta hikmah-hikmah di balik syari’at yang ditetapkan-Nya.