Yuk Bunda, Kita Belajar Psikologi Perkembangan pada Masa Bayi

BayiMasa bayi berlangsung pada dua tahun pertama. Dua tahun kehidupan seorang anak adalah masa yang sangat penting. Mengapa?

  1. 1. Masa bayi adalah masa dasar yang sesungguhnya
  2. pada masa ini biasa disebut masa dasar karena pada saat ini banyak pola perilaku, sikap dan pola ekspresi emosi terbentuk. menurut Ericson, cara bayi diperlakukan akan menentukan apakah ia akan mengembangkan “basic trust” atau “mistrust”. Apa itu basic trust dan mistrust?
  3. Basic trust merupakan rasa aman dan kepercayaan dasar terhadap diri sendiri yang didapat dari rasa percaya dari ibu, lingkungan dan orang terdekat. dan mistrust sebaliknya.
  4. pada dua tahun pertama ini merupakan masa kritis dalam meletakkan pola untuk menyesuaikan diri pribadi dan penyesuaian sosial. Untuk menjamin alam pikiran yang baik, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah memberi kehidupan sosial yang kaya kepada anak.
  5. Nah, ada empat alasan yang menyebabkan mengapa dasar-dasar yang diletakkan pada masa bayi itu penting.
  6. Pertama,  pola-pola yang terbentuk pada permulaan kehidupan cenderung mapan, apakah itu sifat yang baik atau buruk, berbahaya atau bermanfaat.
  7. Kedua, apabila pola perilaku buruk yang berkembang atau kepercayaan dan sifat yang buruk mulai berkembang, maka semakin cepat hai itu diperbaiki akan semakin mudah bagi anak. Misal anak yang sering mengambil mainan temannya karena ia suka, bila kita segera tanggap bahwa perilaku ini tidak baik untuk perkembangannya di masa sekarang dan nanti, kita bisa meminta anak untuk belajar tentang hak milik. Ada sesuatu yang memang milik kita dan adapula itu merupakan hak milik orang lain yang tidak bisa kita rebut kecuali meminta izin terlebih dahulu pada temannya, apabila teman mengizinkan baru ia boleh memainkan barang tersebut, namun apabila tidak,  maka ia akan belajar menahan diri dan meyakini bahwa ada didunia ini yang tidak bisa ia miliki hanya karena ia menginginkannya.
  8. Ketiga, karena dasar-dasar awal cepat berkembang menjadi kebiasaan melalui pengulangan, maka dasar-dasar itu akan selamanya mempengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial. Disinilah kita banyak menyaksikan pada banyak kasus-kasus orang dewasa, ternyata berakar dari masa 2 tahun pertama hidupnya. Contoh untuk remaja yang kecanduan games hingga kehilangan kontak dengan dunia nyata yang berdampak pada kehidupan sosialnya. Bila ditelusuri bisa jadi karena pengaruh di masa kecil yang telah diberi mainan berupa layar (hp, laptop atau tv) untuk membuatnya tenang selagi ibu bekerja di rumah.
  9. Keempat, karena faktor belajar dan pengalaman memainkan peran yang penting dalam perkembangan, hal itu dapat diarahkan dan dikendalikan sehingga perkembangannya sejajar yang memungkinkan terjadinya penyesuaian pribadi dan sosial yang baik. Kita bisa membantu anak untuk beradaptasi dengan melakukan debriefing (pengkondisian)  sebelum anak menghadapi suatu kondisi. Pahami keterbatasan anak kita dan bantu ia mengatasinya. Contoh, sebelum kedokter, katakan padanya bahwa kita akan kedokter, nanti dokter akan menyentuh tubuhnya untuk diperiksa, mungkin ia akan disuntik dan terasa sedikit sakit, tapi tenang karena bunda akan menemaninya.

bersambung…